Selasa, 12 April 2011

Ayat-ayat ALKITAB tentang berdoa

Ayat-ayat ALKITAB tentang berdoa

  • Doa adalah berbicara dengan Tuhan. Ada dalam Alkitab, Ketahuilah, bahwa TUHAN telah memilih bagi-Nya seorang yang dikasihi-Nya; TUHAN mendengarkan, apabila aku berseru kepada-Nya. (Mazmur 4:3)

    Doa adalah suatu kesempatan yang besar. Ada dalam Alkitab, Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya. (Ibrani 4:16)

    Tuhan dapat didekati. Ada dalam Alkitab, Engkau yang mendengarkan doa. Kepada-Mulah datang semua yang hidup (Mazmur 65:2)

    Berapa inginkah Tuhan mendengar dan menjawab doa kita? Ada dalam Alkitab, Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya." (Matius 7:11)

    Di dalam kondisi apakah kita dijanjikan membutuhkan berkat? Ada dalam Alkitab, Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. (Matius 7:7-8,)

    Salah satu dari banyak hal yang dapat kita doakan adalah kebijaksanaan. Ada dalam Alkitab, Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, --yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit--,maka hal itu akan diberikan kepadanya. Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin. Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan. Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya (Yakobus 1:5-8,)

    Dalam kondisi apakah pemazmur mengatakan bahwa Tuhan tidak akan mendengar doa kita? Ada dalam Alkitab, Seandainya ada niat jahat dalam hatiku, tentulah Tuhan tidak mau mendengar. Sesungguhnya, Allah telah mendengar, Ia telah memperhatikan doa yang kuucapkan (Mazmur 66:18-19)

    Apakah Tuhan pernah menolak untuk mendengarkan suatu doa? Ada dalam Alkitab, Siapa memalingkan telinganya untuk tidak mendengarkan hukum, juga doanya adalah kekejian. (Amsal 28:9)

    Di dalam nama siapakah kita harus berdoa? Ada dalam Alkitab, dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya." (Yohanes 14:13-14)

    Jangan lupa untuk berterima kasih kepada Tuhan atas jawaban-jawabanNya akan doa kita. Ada dalam Alkitab, Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. (Filipi 4:6, 6)

    Berapa seringkah kita harus berdoa ? Ada dalam Alkitab, dalam segala doa dan permohonan. (Efesus 6:18) Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus, (1 Tesalonika 5:17), Tetaplah berdoa. Kadang-kadang Tuhan menjawab doa kita sebelum kita memintaNya. Ada dalam Alkitab, Maka sebelum mereka memanggil, Aku sudah menjawabnya; ketika mereka sedang berbicara, Aku sudah mendengarkannya.(Yesaya 65:24)

    Kadang-kadang Tuhan mengatakan tidak terhadap permohonan doa kita. Ada dalam Alkitab, Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku. Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku. (II Korintus 12:8-9)

    Kadang-kadang Tuhan menjawab doa kita dengan mengatakan tunggu. Ada dalam Alkitab, , Berdiam dirilah di hadapan TUHAN dan nantikanlah Dia; jangan marah karena orang yang berhasil dalam hidupnya, karena orang yang melakukan tipu daya. (Mazmur 37:7)

    Tidak ada batas akan kemampuan Tuhan untuk menolong kita. Ada dalam Alkitab, Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita. (Efesus 3:20)

    Berapa penuhkah janji Tuhan untuk memenuhi kebutuhan kita? Ada dalam Alkitab, Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus. (Filipi 4:19)

    Bagaimanakah kita mengetahui apa yang harus didoakan? Ada dalam Alkitab, Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus. (Roma 8:26-27)

    Dalam kondisi apakah Tuhan mengatakan kita akan menerima jawaban dari doa-doa kita? Ada dalam Alkitab, Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu. (Markus 11:24)

    Petisi apakah yang dapat secara rahasia kita harapkan Tuhan mendengar? Ada dalam Alkitab, Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya. Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya. (1 Yohanes 5:14-15)

    Apakah Alkitab memberikan contoh doa? Ada dalam Alkitab, Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin (Matius 6:9-11 )

    Doa bukanlah sulap. Ada dalam Alkitab, Alkitab mengatakan di dalam Matius 6:7-8, Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya.

    Matius 6 : 5 - 13

    6:5 "Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan
    doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
    6:6 Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.
    6:7 Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan.
    6:8 Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya.
    6:9 Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu,
    6:10 datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.
    6:11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya
    6:12 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;
    6:13 dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.)
  • Pencobaan
    Ketika kamu mengalami sebuah pencobaan larilah menuju ke arah lain. Ada dalam Alkitab, Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni. (II Timotius 2:22),

    Doa menguatkan kita melawan pencobaan. Ada dalam Alkitab, Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah. (Markus 14:38)

    Hadapilah pencobaan dengan Firman Tuhan. Ada dalam Alkitab, Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis. Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti." Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." (Matius 4:1,3,4)

    Tuhan tidak akan membiarkan kita dicobai diluar kemampuan kita untuk menghadapinya. Ada dalam Alkitab,Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya. (1 Korintus 10:13)

    Mereka yang tidak tunduk kepada pencobaan akan mendapatkan penghargaan. Ada dalam Alkitab, Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia. (Yakobus 1:12)
  • Janji-Janji Alktab
    Allah selalu menepati janji-janji-Nya. Ada dalam Alkitab,Sebab Yesus Kristus, Anak Allah, yang diberitakan kepadamu oleh Silas, Timotius, dan oleh saya sendiri bukanlah orang Ya dan Tidak. Sebaliknya Ia merupakan jawaban Ya dari Allah. Sebab melalui Dia Allah sudah mengatakan Ya terhadap semua janji-Nya. Berdasarkan itulah kita mengucapkan Amin kepada Allah karena Yesus Kristus. Kami berbuat begitu supaya Allah dimuliakan (2 Korintus 1:19-20, BIS).

    Allah tak pernah menarik kembali atau merubah janji-janji-Nya. Ada dalam Alkitab, Perjanjian-Ku dengan dia takkan Kubatalkan, dari janji-Ku tak satu pun Kutarik kembali (Mazmur 89:35, BIS).

    Tidak ada janji Allah yang gagal. Ada dalam Alkitab,Sekarang sudah waktunya saya mati. Kalian semua, masing-masing tahu benar bahwa TUHAN Allahmu sudah memberikan kepadamu segala yang baik yang dijanjikan-Nya. Setiap janji-Nya sudah ditepati-Nya, tidak satu pun yang tidak (Yosua 23:14, BIS).

    Kita telah dijanjikan hidup kekal. Ada dalam Alkitab,Dan inilah yang dijanjikan Kristus sendiri kepada kita: hidup sejati dan kekal (1 Yohanes 2:25, BIS).

    Allah bisa mengerjakan yang mustahil. Ada dalam Alkitab,Yesus menjawab, "Yang tidak mungkin bagi manusia, mungkin bagi Allah! (Lukas 18:27, BIS). Kita telah dijanjikan hati dan keinginan yang baru. Ada dalam Alkitab,Maka kamu Kuberikan hati yang baru dan pikiran yang baru. Hatimu yang sekeras batu itu akan Kuganti dengan hati yang taat (Yehezkiel 36:26, BIS).

    Ia telah menjanjikan pengampunan. Ada dalam Alkitab,Tetapi kalau kita mengakui dosa-dosa kita kepada Allah, Ia akan menepati janji-Nya dan melakukan apa yang adil. Ia akan mengampuni dosa-dosa kita dan membersihkan kita dari segala perbuatan kita yang salah (1 Yohanes 1:9, BIS).

    Ia telah menjanjikan buah-buah Roh. Ada dalam Alkitab,Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri (Galatia 5:22-23).

    Ia telah menjanjikan kelepasan dari takut. Ada dalam Alkitab,Aku berdoa kepada TUHAN, dan Ia menjawab, dan melepaskan aku dari segala ketakutan (Mazmur 34:5, BIS).

    Allah telah menjanjikan keselamatan untuk anak-anak kita. Ada dalam Alkitab, TUHAN menjawab, Itulah yang akan terjadi. Tawanan para pahlawan akan direbut kembali. Jarahan orang kejam akan dirampas lagi. Sebab Aku sendiri melawan musuhmu; Aku akan menyelamatkan anak-anakmu (Yesaya 49:25, BIS).

    Kita dijanjikan Roh Kudus. Ada dalam Alkitab,Walaupun kalian jahat, kalian tahu juga memberikan yang baik kepada anakmu. Apalagi Bapa di surga! Ia akan memberikan Roh-Nya kepada mereka yang meminta kepada-Nya! (Lukas 11:13, BIS).

    Segala keperluan kita akan disediakan. Ada dalam Alkitab,Allah yang saya sembah, yang melimpah dengan kekayaan dalam Kristus Yesus, akan memenuhi segala keperluanmu (Filipi 4:19, BIS).

    Tidak ada perkara yang baik yang akan ditahan. Ada dalam Alkitab,Sebab TUHAN Allah pelindung kita dan raja yang agung, yang menganugerahi kita kasih dan kehormatan. Ia tak pernah menolak apa pun yang baik terhadap orang yang hidupnya tidak bercela (Mazmur 84:12, BIS).

    Ia telah menjanjikan hikmat atau kebijaksanaan. Ada dalam Alkitab,Kalau ada seorang di antaramu yang kurang bijaksana, hendaklah ia memintanya dari Allah, maka Allah akan memberikan kebijaksanaan kepadanya; sebab kepada setiap orang, Allah memberi dengan murah hati dan dengan perasaan belas kasihan (Yakobus 1:5, BIS).

    Allah telah menjanjikan damai. Ada dalam Alkitab,TUHAN, Engkau memberi damai dan sejahtera kepada orang yang teguh hatinya, sebab ia percaya kepada-Mu (Yesaya 26:3, BIS).

    Allah telah menjanjikan kelepasan dari pencobaan. Ada dalam Alkitab,Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya (1 Korintus 10:13).

    Kita memiliki janji kesehatan dan kesembuhan. Ada dalam Alkitab,"

    30:17 Sebab Aku akan mendatangkan kesembuhan bagimu, Aku akan mengobati luka-lukamu, demikianlah firman TUHAN, sebab mereka telah menyebutkan engkau: orang buangan, yakni sisa yang tiada seorang pun menanyakannya (Yeremia 30:17). namun kamu akan Kubuat sehat kembali, dan luka-lukamu akan Kuobati (BIS).

    Allah telah menjanjikan perlindungan dari malapetaka dan bahaya. Ada dalam Alkitab, Malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu (Mazmur 91:10).

    Alkitab berjanji bahwa orang mati akan hidup kembali. Ada dalam Alkitab,Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya, dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum (Yohanes 5:28-29).

    Yesus telah menjanjikan bahwa Ia akan datang kembali. Ada dalam Alkitab,Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada (Yohanes 14:2-3). Ia telah menjanjikan bahwa kematian, kesedihan, dan sakit akan berakhir. Ada dalam Alkitab,Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu (Wahyu 21:4).
    lebih dari setahun yang lalu ·  
    Kekhawatiran

    Rasa khawatir atau gusar tidak mendapat apa-apa. Ada dalam Alkitab, Jauhkanlah dirimu dari pada amarah dan tinggalkanlah gusar, janganlah engkau heran sehingga engkau juga memilih akan yang jahat kelak (Mazmur 37:8, TL*). Hentikan amarahmu! Padamkan murkamu. Jangan gusar dan khawatir hal itu hanya menuntuk kepada celaka (Mazmur 37:8, TLB*).

    Tidak perlu khawatir Allah mengendalikan segala sesuatu. Ada dalam Alkitab, Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu (Matius 6:31-33). Jadi, janganlah khawatir sama sekali tentang makanan dan pakaian yang cukup. Mengapa seperti orang kafir? Karena mereka menyombongkan semua hal ini dan sangat pribatin tentang hal-hal ini. Tetapi Bapa surgawimu sudah mengetahui bahwa engkau memerlukannya, dan Ia akan memberikannya kepadamu jika engkau menjadikan Dia pertama dalam hidupmu dan hidup seperti yang diinginkan-Nya (Matius 6:31-33, TLB).

    Kita tidak dapat menghilangkan khawatir sampai kita menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik berdoa. Ada dalam Alkitab, Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus (Filipi 4:6-7).

    Khawatir itu membuang-buang waktu saja. Ada dalam Alkitab, Siapakah di antara kalian yang dengan kekhawatirannya dapat memperpanjang umurnya biarpun sedikit? Kalau hal sekecil itu saja sudah tidak dapat kalian lakukan, mengapa khawatir tentang hal-hal lain (Lukas 12:25-26). Dan selain itu, apa gunanya khawatir? Apa untungnya? Apakah kekhawatiran akan menambah satu hari hidupmu? Tentu tidak! Dan jika kekhawatiran tak dapat melakukan hal sekecil itu, apakah gunanya mengkhawatirkan hal-hal yang lebih besar lagi? (Lukas 12:25-26, TLB).

    Serahkanlah semua kekhawatiran anda kepada Tuhan. Ada dalam Alkitab, Serahkanlah segala kekhawatiranmu kepada-Nya, sebab Ia memelihara kamu ( 1 Petrus 5:7). Biarlah Dia yang mengambil semua kekhawatiran dan kegusaran hatimu, karena Ia selalu memikirkan engkau dan memperhatikan segala sesuatu yang menjadi keprihatinanmu (I Petrus 5:7, TLB).
    lebih dari setahun yang lalu ·
  • Dorongan Atau Semangat
    Kita mendapatkan semangat dari teladan orang-orang lain. Ada dalam Alkitab,"Itulah sebabnya, Saudara-saudara, di dalam segala kesusahan dan penderitaan kami, kami terhibur oleh berita tentang kalian. Percayamu kepada Kristus membesarkan hati kami (1 Tesalonika 3:7, BIS).

    Refleksi harapan kekal kita pada Kristus memberikan dorongan atau semangat. Ada dalam Alkitab,"Karena itu hendaklah kalian bersuka hati, meskipun sekarang untuk sementara waktu kalian harus menjadi sedih karena kalian mengalami bermacam-macam cobaan (1 Petrus 1:6, BIS).

    Kita mendapatkan semangat melalui memberikan semangat kepada orang-orang lain. Ada dalam Alkitab,"Sebab saya ingin sekali bertemu dengan kalian supaya saya dapat membagi denganmu karunia dari Roh Allah untuk menguatkan kalian. Maksud saya ialah karena kita sama-sama sudah percaya kepada Yesus Kristus, maka kita dapat saling menguatkan (Roma 1:11-12, BIS).

    Dorongan atau semangat muncul karena mengingat bagaimana Allah telah menuntun di masa lalu. Ada dalam Alkitab,"Lalu bangsa itu menjawab: "Jauhlah dari pada kami meninggalkan TUHAN untuk beribadah kepada allah lain! Sebab TUHAN, Allah kita, Dialah yang telah menuntun kita dan nenek moyang kita dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan, dan yang telah melakukan tanda-tanda mujizat yang besar ini di depan mata kita sendiri, dan yang telah melindungi kita sepanjang jalan yang kita tempuh, dan di antara semua bangsa yang kita lalui (Yosua 24:16-17).

    Salinglah membangun satu sama lain dengan cara mencari sesuatu yang bisa dihargai atau disyukuri. Ada dalam Alkitab,"Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan (1 Tesalonika 5:11).

    Secara konsisten hendaknya kita mendorong umat beriman yang baru atau orang-orang yang baru percaya. Ada dalam Alkitab,"Paulus dan Barnabas memberitakan Injil di kota itu dan memperoleh banyak murid. Lalu kembalilah mereka ke Listra, Ikonium dan Antiokhia. Di tempat itu mereka menguatkan hati murid-murid itu dan menasihati mereka supaya mereka bertekun di dalam iman, dan mengatakan, bahwa untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah kita harus mengalami banyak sengsara (Kisah 14:21-22).

    Berikanlah dorongan atau semangat kepada para pemimpin gereja. Ada dalam Alkitab,"Sebab itu, hendaklah kalian tetap saling mendorong dan saling menguatkan, sama seperti yang kalian sedang lakukan sekarang ini. Saudara-saudara, kami minta dengan sangat supaya kalian menghargai orang-orang yang bekerja di tengah-tengahmu; yaitu mereka yang sudah dipilih oleh Tuhan untuk memimpin dan menasihati kalian (1 Tesalonika 5:12-13, BIS).

    Allah memberikan semangat pada saat kita merasa tawar hati. Ada dalam Alkitab,"Bukankah Aku sendiri tahu rencana-rencana-Ku bagi kamu? Rencana-rencana itu bukan untuk mencelakakan kamu, tetapi untuk kesejahteraanmu dan untuk memberikan kepadamu masa depan yang penuh harapan (Yeremia 29:11, BIS).

    Allah menjanjikan semangat apabila kita memerlukannya. Ada dalam Alkitab,"Waktu aku berseru kepada-Mu, Engkau menjawab, Kaukuatkan hatiku sehingga aku menjadi berani (Mazmur 138:3, BIS).

    Untuk memberikan dorongan kepada anda, ingatlah Allah belum selesai dengan masing-masing kita. Ada dalam Alkitab,"Allah sendiri yang memulai pekerjaan yang baik itu padamu, dan saya yakin Ia akan meneruskan pekerjaan itu sampai selesai pada Hari Kristus Yesus datang kembali (Filipi 1:6, BIS).
  • Pengaruh Doa

    Nats : Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya (Yakobus 5:16)
    Bacaan : Yakobus 5:13-20

    Bertahun-tahun para peneliti berusaha menyelidiki apakah doa berpengaruh terhadap penyembuhan fisik. Seorang profesor pembantu di Fakultas Kedokteran Universitas George Washington mengatakan bahwa "usaha pembuktian pengaruh doa terhadap kesehatan secara ilmiah hampir tidak mungkin dilakukan".

    Bahkan orang-orang kristiani yang percaya pada kuasa penyembuhan Allah memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai bagaimana, kapan, dan mengapa Dia melakukannya. Kita mengalami pergumulan untuk memahami mengapa Tuhan menyembuhkan sebagian orang, sementara yang lainnya tetap sakit, bahkan meninggal dunia.

    Yakobus membahas masalah ini dengan sangat hati-hati dan penuh perhatian. Ia membahas masalah penyembuhan dalam konteks persekutuan orang-orang percaya dan berkata, "Hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya" (Yakobus 5:16).

    Yakobus tak bertujuan menciptakan kontroversi atau membuktikan secara ilmiah. Sebaliknya, ia memusatkan perhatian pada keistimewaan dan kekuatan doa. Saat membahas penyembuhan fisik, ia pun mengikutsertakan panggilan untuk memulihkan kesehatan rohani melalui pertobatan dan pengakuan dosa (ayat 15).

    Ilmu pengetahuan berusaha mencari pembuktian hukum sebab-akibat. Namun, iman mengarahkan kita untuk memohon kekuatan dari Allah yang penuh kasih, yang rencananya sulit kita pahami tetapi selalu dapat kita percayai –David Mc Casland

    DOA ADALAH LAHAN
    TEMPAT PENGHARAPAN DAN PENYEMBUHAN TUMBUH SUBUR
  • Kesabaran
    Bagaimana kesabaran kita dapat dikuatkan? Kesabaran manusia dikembangkan melalui kesukaran. Ada dalam Alkitab,Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan (Roma 5:3). Sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun (Yohanes 1:3-4).

    Kesabaran kita berkaitan dengan kualitas hubungan kita dengan Allah. Ada dalam Alkitab, Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus (Wahyu 14:12).

    Umat Allah sabar satu dengan yang lain. Ada dalam Alkitab,Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu (Efesus 4:2).

    Orang-orang yang sabar mewarisi apa yang telah dijanjikan. Ada dalam Alkitab, Kami tidak mau kalian menjadi malas. Tetapi kami ingin supaya kalian hidup seperti orang-orang yang menerima apa yang dijanjikan Allah, karena percaya kepada-Nya dan karena menunggu dengan sabar (Ibrani 6:12, BIS).

    Besabarlah untuk kedatangan Tuhan. Ada dalam Alkitab,Sebab itu, sabarlah Saudara-saudaraku, sampai Tuhan datang. Lihatlah bagaimana sabarnya seorang petani menunggu sampai tanahnya memberikan hasil yang berharga kepadanya. Dengan sabar ia menunggu hujan musim gugur dan hujan musim bunga. Hendaklah kalian juga bersabar dan berbesar hati, sebab hari kedatangan Tuhan sudah dekat (Yakobus 5:7-8, BIS).

2 komentar: